Skip to main content

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop

Cobalah Anda perhatikan pada tulisan paling kiri atas Qlik Sense Anda. Jika di sana tertulis Qlik Sense Desktop, maka Anda pasti pasti bertanya-tanya, bagaimana Anda membuat aplikasi Anda dapat diakses oleh orang yang berhak untuk mengaksesnya, sekaligus membatasi aksesnya hanya untuk melihat saja. Jika Anda berpikir Qlik Sense tidak menyediakan tool bagi Anda untuk mempublikasikan aplikasi yang telah Anda buat, maka Anda benar. Qlik Sense secara default tidak menyediakan tool untuk mempublikasikan aplikasi yang telah Anda buat kepada user lain untuk versi gratisnya (Qlik Sense Desktop). Anda tentu dapat mendistribusikan file aplikasi Qlik Sense (.qvf) kepada pengguna lain untuk kemudian membukanya pada komputer mereka, tentu saja mereka harus menginstall Qlik Sense di komputer mereka.

Sebenarnya ada cara untuk mempublikasikan aplikasi Anda sehingga dapat diakses oleh user Anda. Cara ini memang masih terbatas tetapi mengingat karena cara ini gratis, maka boleh dicoba, sebelum Anda menggunakan Qlik Sense versi penuh (Qlik Sense Server).

Cara yang saya maksud adalah dengan menggunakan Qlik Sense Cloud. Qlik Sense Cloud merupakan layanan berbasis cloud untuk berbagi aplikasi Qlik Sense. Anda dapat mempublikasikan aplikasi Qlik Sense Anda ke Qlik Sense Cloud dan mengatur agar aplikasi Qlik Sense Anda dapat diakses oleh user Anda, yaitu user yang telah terdaftar di Qlik Sense Cloud.

Pertama-tama, masuk ke akun Qlik Sense Cloud Anda. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat mendaftar dengan gratis.

Pada dasarnya terdapat 3 halaman utama di Qlik Sense Cloud. My shared Cloud, berisi aplikasi-aplikasi Qlik Sense yang ingin Anda share. My personal cloud, berisi aplikasi Qlik Sense Anda yang tidak Anda share ke user lain. Demo apps, berisi aplikasi-aplikasi demo Qlik Sense.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Pilih My shared cloud lalu klik Import App. Pilih aplikasi Qlik Sense di drive lokal Anda. Aplikasi Qlik Sense terletak di [Drive System Anda]:\[nama login]\My Documents\Qlik\Sense\Apps. Pada komputer saya aplikasi Qlik Sense terletak di C:\IT00\My Documents\Qlik\Sense\Apps.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Maka aplikasi Anda akan diletakkan pada My shared cloud. Bila Anda berubah pikiran untuk tidak mempublish aplikasi Anda, Anda tinggal klik kanan pada aplikasi Qlik Sense Anda dan pilih Unpublish to personal cloud. Aplikasi Anda akan dipindahkan ke My Personal Cloud.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Langkah berikutnya adalah menentukan kepada siapa saja Anda berbagi aplikasi Anda. Di Qlik Sense Cloud Anda dapat berbagi aplikasi dengan mengundang user yang Anda kehendaki melalui email. Masih pada folder My Shared Cloud pada bagian bawah klik tombol Share. Batas jumlah user yang dapat mengakses aplikasi adalah 5.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Pada window yang muncul, masukkan alamat Email user yang Anda kehendaki, lalu klik Submit.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Di lain pihak, saat user yang Anda tambahkan tadi, masuk ke dalam akun Qlik Sense Cloud, user akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda akan berbagi aplikasi Anda dengannya dan memerlukan konfirmasi user dengan mengunjungi link pada notifikasi tersebut.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Maka pada side menu user akan bertambah satu menu atau folder bernama akun Anda. Pada contoh ini bertambah satu menu bernama Kukuh Prasetiyo.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Di dalam folder Kukuh Prasetiyo terdapat aplikasi yang Anda share dan user dapat menjalankannya pada browser mereka namun tidak dapat merubah aplikasi Anda.

Cara Berbagi Aplikasi Qlik Sense Desktop - Emboss Coder

Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai bertemu di artikel berikutnya dan.. Salam.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Dasar Qlik Sense

Dewasa ini konsep penyajian data informasi banyak mengalami perubahan yang menggembirakan. Jika dahulu, konsep penyajian data adalah dalam bentuk larik-larik data berisi teks dan biasanya tidak dinamis dan tidak interaktif. Sekarang, seiring dengan pertumbuhan data informasi yang masif, dibutuhkan sebuah teknik penyajian data yang semakin sederhana namun memuat banyak informasi, tersaji secara dinamis dan interaktif, menjadikan pekerjaan analisis data lebih menyenangkan dari sebelumnya. Di sinilah konsep Business Intelligence berawal. Idenya adalah, saya sajikan kepada Anda begitu banyak informasi yang tentu saja yang Anda butuhkan, dalam format visual yang bersih, informatif, dinamis, dan interaktif dalam layar komputer Anda. Qlik Sense merupakan sebuah Aplikasi Reporting untuk keperluan Bussiness Intelligence. Merupakan pengembangan dari aplikasi BI pendahulunya yaitu QlikView . Qlik Sense pada dasarnya sama dengan QlikView . Hanya saja Qlik Sense lebih menekankan pada ide

Cara Membuat Dan Menggunakan Unit Di Delphi

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Bekerja Dengan Unit Di Delphi .  Untuk membuat unit baru, pilih menu File | New | Unit . Listing di bawah ini merupakan suatu contoh unit yang dibuat Delphi. unit Unit2; interface implementation end.

Cara Menggunakan DLL Di Delphi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa itu Dynamic Link Library dan bagaimana cara membuatnya di Delphi (baca: Mengenal Dynamic Link Library Di Delphi ). Kini Anda telah mengerti bagaimana cara membuat file DLL Anda sendiri. Permasalahan yang paling mendasar sekarang, mungkin adalah bagaimana cara menggunakan file DLL yang telah Anda buat pada aplikasi Anda dan mendapatkan keuntungan darinya. Terdapat dua cara penggunaan DLL, yakni Load-time dynamic lingking dan Run-time dynamic linking . Setelah membaca dan menerapkan contoh aplikasi sederhana dalam artikel ini, Anda akan dapat memahami perbedaan di antara kedua metode sehingga Anda dapat menentukan kapan menggunakan metode tersebut dan sebaliknya. Load-time Dynamic Linking (Cara Implisit) Jika Anda menggunakan cara ini, file DLL dimuat pada saat aplikasi dijalankan. Untuk melakukannya, Anda tinggal menulis prototype fungsi yang digunakan dengan tambahan pengarah eksternal. Sebagai contoh: function FungsiDLL(In