Skip to main content

Pengenalan Dasar Qlik Sense

Qlik Sense logo - Emboss Coder
Dewasa ini konsep penyajian data informasi banyak mengalami perubahan yang menggembirakan. Jika dahulu, konsep penyajian data adalah dalam bentuk larik-larik data berisi teks dan biasanya tidak dinamis dan tidak interaktif. Sekarang, seiring dengan pertumbuhan data informasi yang masif, dibutuhkan sebuah teknik penyajian data yang semakin sederhana namun memuat banyak informasi, tersaji secara dinamis dan interaktif, menjadikan pekerjaan analisis data lebih menyenangkan dari sebelumnya.

Di sinilah konsep Business Intelligence berawal. Idenya adalah, saya sajikan kepada Anda begitu banyak informasi yang tentu saja yang Anda butuhkan, dalam format visual yang bersih, informatif, dinamis, dan interaktif dalam layar komputer Anda.

Qlik Sense merupakan sebuah Aplikasi Reporting untuk keperluan Bussiness Intelligence. Merupakan pengembangan dari aplikasi BI pendahulunya yaitu QlikView. Qlik Sense pada dasarnya sama dengan QlikView. Hanya saja Qlik Sense lebih menekankan pada ide kesederhanaan pada saat design-time dibandingkan dengan QlikView di mana opsi-opsi pengembangan design-time-nya yang lebih advanced.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas lebih dalam tentang fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh Qlik Sense dalam mengolah aplikasi reporting Bussiness Intelligence. Untuk saat ini kita akan belajar menginstall aplikasi Qlik Sense dan mengenal struktur aplikasinya.

Menginstall Qlik Sense


Download Qlik Sense Desktop installer di situs resmi Qlik Sense. Sebagai informasi, Qlik Sense saat ini hanya tersedia untuk sistem 64 Bit. Jadi jika Anda masih memakai Windows 32 Bit pertimbangkan untuk mengupgrade Windows Anda ke Sistem 64 Bit atau selain itu Anda dapat menunggu Qlik untuk merelease Qlik Sense untuk sistem 32 Bit jika Anda mau.

OK, Setelah proses download selesai, jalankan file Qlik Sense installer Anda. Akan muncul window selamat datang.

Cara menginstall Qlik Sense - Emboss Coder

Instalasi Qlik Sense membutuhkan 500 MB pada harddisk Anda (Saat artikel ini ditulis, saya menggunakan Qlik Sense versi 1.1). Klik INSTALL. Window Licence Agreement akan muncul.

Cara menginstall Qlik Sense - Emboss Coder

Aktifkan pilihan pada checkbox "I accept the licence agreement", klik tombol "Next". Proses instalasi mulai berjalan dan akan segera menginstall aplikasi Qlik Sense untuk Anda.

Cara menginstall Qlik Sense - Emboss Coder

Selesai sudah bagian instalasi Qlik Sense, dan langkah selanjutnya adalah mengetahui struktur folder Qlik Sense.

Mengintip Struktur Folder Qlik Sense


Folder-folder penting yang kelak kita butuhkan dalam pembuatan aplikasi Qlik Sense terletak pada [direktori sistem]:\Users\[User Anda]\Documents\Qlik\ Sense. Pada komputer saya Qlik Sense terletak pada C:\Users\IT00\Documents\Qlik\Sense. "C:" adalah direktori sistem saya, dan "IT00" adalah nama folder user saya.

Qlik Sense Folders - Emboss Coder

Berikut adalah dua folder penting Qlik Sense yang perlu kita tahu kegunaannya:
Nama Folder Fungsi
Apps Folder ini menyimpan seluruh aplikasi Qlik Sense secara default. Semua file yang berekstensi qvf dalam folder ini akan ditampilkan dalam Qlik Sense Desktop Hub. Bila Anda belum mengerti tidak masalah, karena kita akan membahasnya pada artikel berikutnya.
Extensions Folder ini berisi berbagai ekstensi yang biasanya berupa komponen visual yang digunakan untuk menampilkan visualisasi data. Anda dapat menambahkan ekstensi Anda sendiri hanya dengan menaruhnya di folder Extensions, dan komponen akan terdaftar secara otomatis di Qlik Sense.

Demikianlah pengenalan pertama kita pada Qlik Sense. Semoga dapat bermanfaat. Pada artikel-artikel tentang Qlik Sense selanjutnya kita akan membahas tentang cara membuat aplikasi reporting di Qlik Sense melingkupi koneksi, scripting, visualisasi, dan segala hal yang berhubungan dengan Qlik Sense.

Sampai bertemu lagi dalam artikel berikutnya. Salam.

Comments

  1. mohon bantuan gan, kayak mana membuat slideshownya berfungsi untuk blog ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Dan Menggunakan Unit Di Delphi

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Bekerja Dengan Unit Di Delphi .  Untuk membuat unit baru, pilih menu File | New | Unit . Listing di bawah ini merupakan suatu contoh unit yang dibuat Delphi. unit Unit2; interface implementation end.

Cara Menggunakan DLL Di Delphi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa itu Dynamic Link Library dan bagaimana cara membuatnya di Delphi (baca: Mengenal Dynamic Link Library Di Delphi ). Kini Anda telah mengerti bagaimana cara membuat file DLL Anda sendiri. Permasalahan yang paling mendasar sekarang, mungkin adalah bagaimana cara menggunakan file DLL yang telah Anda buat pada aplikasi Anda dan mendapatkan keuntungan darinya. Terdapat dua cara penggunaan DLL, yakni Load-time dynamic lingking dan Run-time dynamic linking . Setelah membaca dan menerapkan contoh aplikasi sederhana dalam artikel ini, Anda akan dapat memahami perbedaan di antara kedua metode sehingga Anda dapat menentukan kapan menggunakan metode tersebut dan sebaliknya. Load-time Dynamic Linking (Cara Implisit) Jika Anda menggunakan cara ini, file DLL dimuat pada saat aplikasi dijalankan. Untuk melakukannya, Anda tinggal menulis prototype fungsi yang digunakan dengan tambahan pengarah eksternal. Sebagai contoh: function FungsiDLL(In