Skip to main content

Pengenalan ASP.NET MVC : Buat Aplikasi Web MVC Pertama Anda

Membuat aplikasi web ASP.NET MVC

Artikel ini merupakan bagian pertama dari rangkaian tema pengenalan ASP.NET MVC 5. Pada bab pertama ini akan menunjukkan pada Anda bagaimana membuat aplikasi web ASP.NET MVC 5 untuk pertama kali.

Bagi Anda yang seorang web developer atau mungkin seorang mahasiswa yang mempelajari pemrograman web, jika Anda mengikuti perkembangan framework web, mungkin Anda tidak asing dengan istilah MVC. MVC (Model View Controller) bisa dikatakan adalah sebuah metode yang digunakan dalam lingkungan pengembangan yang membedakan antara logika program dan presentasi / tampilan program, sehingga lebih mudah untuk mendelegasikan tugas: bagian yang khusus menangani tampilan dan bagian yang khusus menangani logika aplikasi.

Pada artikel ini belum akan membahas lebih dalam tentang konsep MVC ini. Kita akan membahas lebih lanjut tentang konsep MVC pada artikel selanjutnya. Saat ini Anda akan belajar membuat aplikasi web ASP.NET MVC Anda, dan untuk saat ini tanpa mengetikkan sebaris kode pun.

Langkah pertama, pada menu pilih File > New Project.


Membuat aplikasi web ASP.NET MVC


Setelah window New Project tampil, kemudian pilih Visual C# pada window sebelah kiri kemudian pilih Web > ASP.NET Web Application. Beri nama project Anda "MVCMusic" dan kemudian klik OK.

Membuat aplikasi web ASP.NET MVC


Window New ASP.NET Project akan tampil, pilih MVC dan klik OK.

Membuat aplikasi web ASP.NET MVC


Visual Studio akan men-generate generic template untuk aplikasi ASP.NET MVC yang baru saja Anda buat. Aplikasi Anda telah dapat digunakan dengan fitur standar dasar sebuah web. Sangat mudah sekali sehingga Anda tidak perlu menuliskan sebaris kode pun.

Membuat aplikasi web ASP.NET MVC


Tekan tombol F5 untuk memulai debugging dan melihat hasilnya. Secara default, Visual Studio akan menjalankan IIS Express dan menjalan aplikasi web Anda. Visual Studio kemudian menjalankan web browser client default sistem operasi Windows Anda dan membuka halaman Beranda (Home) aplikasi web Anda.

Membuat aplikasi web ASP.NET MVC


Seperti yang saya katakan di atas tadi, aplikasi web anda telah dibekali menu-menu dasar standar sebuah aplikasi web seperti menu Home, About, dan Contact. Tampilan menu aplikasi web Anda mungkin berbeda dengan gambar.

Pada bab berikutnya kita akan belajar merubah bagaimana aplikasi ini bekerja dan belajar sedikit tentang ASP.NET dan konsep MVC.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Dasar Qlik Sense

Dewasa ini konsep penyajian data informasi banyak mengalami perubahan yang menggembirakan. Jika dahulu, konsep penyajian data adalah dalam bentuk larik-larik data berisi teks dan biasanya tidak dinamis dan tidak interaktif. Sekarang, seiring dengan pertumbuhan data informasi yang masif, dibutuhkan sebuah teknik penyajian data yang semakin sederhana namun memuat banyak informasi, tersaji secara dinamis dan interaktif, menjadikan pekerjaan analisis data lebih menyenangkan dari sebelumnya. Di sinilah konsep Business Intelligence berawal. Idenya adalah, saya sajikan kepada Anda begitu banyak informasi yang tentu saja yang Anda butuhkan, dalam format visual yang bersih, informatif, dinamis, dan interaktif dalam layar komputer Anda. Qlik Sense merupakan sebuah Aplikasi Reporting untuk keperluan Bussiness Intelligence. Merupakan pengembangan dari aplikasi BI pendahulunya yaitu QlikView . Qlik Sense pada dasarnya sama dengan QlikView . Hanya saja Qlik Sense lebih menekankan pada ide

Cara Membuat Dan Menggunakan Unit Di Delphi

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Bekerja Dengan Unit Di Delphi .  Untuk membuat unit baru, pilih menu File | New | Unit . Listing di bawah ini merupakan suatu contoh unit yang dibuat Delphi. unit Unit2; interface implementation end.

Cara Menggunakan DLL Di Delphi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa itu Dynamic Link Library dan bagaimana cara membuatnya di Delphi (baca: Mengenal Dynamic Link Library Di Delphi ). Kini Anda telah mengerti bagaimana cara membuat file DLL Anda sendiri. Permasalahan yang paling mendasar sekarang, mungkin adalah bagaimana cara menggunakan file DLL yang telah Anda buat pada aplikasi Anda dan mendapatkan keuntungan darinya. Terdapat dua cara penggunaan DLL, yakni Load-time dynamic lingking dan Run-time dynamic linking . Setelah membaca dan menerapkan contoh aplikasi sederhana dalam artikel ini, Anda akan dapat memahami perbedaan di antara kedua metode sehingga Anda dapat menentukan kapan menggunakan metode tersebut dan sebaliknya. Load-time Dynamic Linking (Cara Implisit) Jika Anda menggunakan cara ini, file DLL dimuat pada saat aplikasi dijalankan. Untuk melakukannya, Anda tinggal menulis prototype fungsi yang digunakan dengan tambahan pengarah eksternal. Sebagai contoh: function FungsiDLL(In