Skip to main content

Pengenalan Konsep Registry Di Delphi

Registry merupakan sebuah database sistem Windows, di mana aplikasi dan komponen sistem dapat menyimpan dan memperoleh kembali data konfigurasinya. Registry menyimpan data dalam bentuk file biner. Untuk memanipulasi data registry, harus melalui fungsi-fungsi registry. Atau jika ingin memodifikasi data secara manual Anda dapat menggunakan editor bawaan Windows yaitu Registry Editor. Untuk menjalankannya, pada Windows, klik Start | Run kemudian ketikkan "Regedit" tanpa tanda petik.

Pengenalan konsep registry di delphi

Struktur Registry


Registry menyimpan data dalam hirarki pohon yang terstruktur. Tiap node dalam struktur pohon merepresentasikan key dan tiap key dapat memiliki subkey. Entri data dinamakan value.

RootKey (key level tertinggi) dikelompokkan dalam beberapa kategori.

RootKey Keterangan
HKEY_CLASSES_ROOT Berisi definise tipe (kelas) untuk tiap dokumen beserta properti-properti yang sesuai
HKEY_CURRENT_CONFIG Berisi informasitentang profil hardware komputer lokal saat ini.
HKEY_CURRENT_USER Berisi berbagai definisi setting user saat ini, misalnya variabel lingkungan, grup program, warna, printer, dan sebagainya.
HKEY_DYN_DATA Terdapat pada Windows 95/98/Me. Memungkinkan Anda untuk mendapatkan data performance.
HKEY_LOCAL_MACHINE Berisi definisi fisik komputer, misalnya tipe bus, sistem memori, hardware dan sooftware yang terinstall.
HKEY_PERFORMANCE_DATA Pada Windows NT/2000/XP, memungkinkan Anda untuk mengakses data performance.
HKEY_USERS Berisi standar data konfigurasi untuk user baru pada komputer lokal.

Tiap versi Windows kemungkinan memiliki RootKey yang berbeda.

Registry menyimpan data dalam tipe-tipe sebagai berikut.

Tipe Data Keterangan
REG_BINARY Tipe ini menyimpan nilai sebagai data biner. Dapat ditampilkan dalam bentuk bilangan heksadesimal.
REG_DWORD
REG_EXPAND_SZ Null terminated string yang berisi referensi ke variabel environment, misalnya "%PATH%".
REG_MULTI_SZ Merupakan multiple string yang digunakan untuk merepresentasikan nilai yang berisi daftar nilai. Tiap entry dipisahkan oleh karakter null, dan keseluruhan data diakhiri dengan dua karakter null.
REG_SZ Merupakan tipe standar string, biasanya digunakan untuk menyimpan data teks yang bisa dibaca.


Langkah-langkah Mengakses Registry


Delphi telah menyediakan kelas TRegistry yang mengenkapsulasi fungsi-fungsi pengaksesan registry Windows API. Kelas ini didefinisikan dalam unit Registry.

Langkah-langkah penggunaannya sebagai berikut.

  • Pada deklarasi Uses, tambahkan unit Registry.
  • Deklarasikan variabel bertipe TRegistry.
  • Buat objek bertipe TRegistry dengan metode Create.
  • Tentukan RootKey. Jika Rootkey tidak ditentukan, standarnya adalah HKEY_CURRENT_USER.
  • Buka Key dengan metode OpenKey(Key: string; CanCreate: Boolean): Boolean. Key bisa berupa nama absolut (ditunjukkan dengan awalan karakter "\", contoh "\Software\Emboss\Coder"), atau nama relatif (tanpa didahului karakter "\") yang menunjukkan subkey dari key yang sedang aktif. Parameter CanCreate menentukan apa yang akan dilakukan jika key yang dimaksud tidak ditemukan. Jika CanCreate bernilai True, akan dibuat key baru. Jika CanCreate bernilai False, key baru tidak akan dibuat. Metode OpenKey memberi nilai balik True jika key berhasil dibuka atau dibuat. Catatan: Hanya satu key yang bisa dibuka atau diaktifkan pada satu waktu.
  • Lakukan operasi-operasi registry seperti menulis, membaca, menghapus, atau memindah nilai.
  • Tutup Key dengan metode CloseKey.
  • Bebaskan objek TRegistry dengan metode Free.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Dasar Qlik Sense

Dewasa ini konsep penyajian data informasi banyak mengalami perubahan yang menggembirakan. Jika dahulu, konsep penyajian data adalah dalam bentuk larik-larik data berisi teks dan biasanya tidak dinamis dan tidak interaktif. Sekarang, seiring dengan pertumbuhan data informasi yang masif, dibutuhkan sebuah teknik penyajian data yang semakin sederhana namun memuat banyak informasi, tersaji secara dinamis dan interaktif, menjadikan pekerjaan analisis data lebih menyenangkan dari sebelumnya. Di sinilah konsep Business Intelligence berawal. Idenya adalah, saya sajikan kepada Anda begitu banyak informasi yang tentu saja yang Anda butuhkan, dalam format visual yang bersih, informatif, dinamis, dan interaktif dalam layar komputer Anda. Qlik Sense merupakan sebuah Aplikasi Reporting untuk keperluan Bussiness Intelligence. Merupakan pengembangan dari aplikasi BI pendahulunya yaitu QlikView . Qlik Sense pada dasarnya sama dengan QlikView . Hanya saja Qlik Sense lebih menekankan pada ide

Cara Membuat Dan Menggunakan Unit Di Delphi

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Bekerja Dengan Unit Di Delphi .  Untuk membuat unit baru, pilih menu File | New | Unit . Listing di bawah ini merupakan suatu contoh unit yang dibuat Delphi. unit Unit2; interface implementation end.

Cara Menggunakan DLL Di Delphi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa itu Dynamic Link Library dan bagaimana cara membuatnya di Delphi (baca: Mengenal Dynamic Link Library Di Delphi ). Kini Anda telah mengerti bagaimana cara membuat file DLL Anda sendiri. Permasalahan yang paling mendasar sekarang, mungkin adalah bagaimana cara menggunakan file DLL yang telah Anda buat pada aplikasi Anda dan mendapatkan keuntungan darinya. Terdapat dua cara penggunaan DLL, yakni Load-time dynamic lingking dan Run-time dynamic linking . Setelah membaca dan menerapkan contoh aplikasi sederhana dalam artikel ini, Anda akan dapat memahami perbedaan di antara kedua metode sehingga Anda dapat menentukan kapan menggunakan metode tersebut dan sebaliknya. Load-time Dynamic Linking (Cara Implisit) Jika Anda menggunakan cara ini, file DLL dimuat pada saat aplikasi dijalankan. Untuk melakukannya, Anda tinggal menulis prototype fungsi yang digunakan dengan tambahan pengarah eksternal. Sebagai contoh: function FungsiDLL(In