Skip to main content

Cara Membuat Aplikasi Di Qlik Sense

Salah satu kelebihan Qlik Sense dari software BI lainnya terletak pada penggunaannya yang begitu intuitif sehingga memberikan pengalaman pengguna yang mudah, menyenangkan, dan yang paling penting, fitur-fitur dalam Qlik Sense tersebut mudah dipelajari sehingga Anda akan relatif cepat menguasainya dan Anda dapat lebih fokus pada apa yang ingin Anda buat daripada memikirkan bagaimana cara membuatnya.

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, aplikasi Qlik Sense merupakan sebuah file yang berekstensi qvf. Di dalam aplikasi Qlik Sense terdiri dari sejumlah Sheet atau lembar kerja, di mana dalam sheet tersebut Anda membuat visualisasi data Anda. Anda dapat membuat lebih dari satu sheet dalam sebuah aplikasi Qlik Sense Anda, dan antar sheet akan saling terhubung satu sama lain.

Membuat aplikasi di Qlik Sense begitu mudah dan intuitif. berikut langkah-langkahnya:

Jalankan Qlik Sense. Setiap Qlik Sense dijalankan pertama kali akan menampilkan popup window selamat datang (kecuali Anda menonaktifkan pilihan checkbox "Show this dialog at startup"), klik tombol CREATE A NEW APP.

Cara membuat aplikasi di Qlik Sense - Emboss Coder


Pada isian nama aplikasi, isikan nama Aplikasi yang Anda inginkan. Pada contoh, saya memberi nama aplikasi saya "QSApp". Klik tombol Create.

Cara membuat aplikasi di Qlik Sense - Emboss Coder

Akan muncul window informasi aplikasi telah berhasil dibuat. Anda dapat klik pada tombol Open app untuk membuka aplikasi Anda atau klik tombol Close. Klik tombol Open app

Cara membuat aplikasi di Qlik Sense - Emboss Coder

Berikutnya adalah memuat data ke dalam Qlik Sense menggunakan file, untuk lebih mudahnya kita akan menggunakan Excel.

Qlik Sense mendukung beberapa metode loading data. Salah satunya adalah Excel. Pada prinsipnya seperti halnya berbagai aplikasi yang mendukung Excel sebagai data source, Qlik Sense memperlakukan kolom-kolom dalam Excel sebagai fields, dan baris-baris dalam Excel sebagai nilai dari kolom.

Oke kita kembali pada aplikasi kita. Setelah tombol Open appditekan, Aplikasi akan terbuka dalam sebuah tab baru.

Cara membuat aplikasi di Qlik Sense - Emboss Coder
Klik Quick Data Load, akan muncul kotak dialog Select file. Pada Path isikan alamat file Excel Anda. Pilih Excel Files pada file type-nya. Pilih file excel yang Anda kehendaki, lalu klik tombol Select.

Cara membuat aplikasi di Qlik Sense - Emboss Coder

Akan muncul window Select data from [Nama File].xlsx. Pilih Fields yang Anda butuhkan dengan mengaktifkan checkbox pada masing-masing nama field. Setelah itu klik tombol Load Data.

Cara membuat aplikasi di Qlik Sense - Emboss Coder
Akan muncul window informasi bahwa data telah berhasil dimuat .


Selesai. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang cara memuat data dari data source yang lainnya. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan. Bila ada kekurangan atau ada hal yang terlewat dari artikel ini silakan ditambahkan dalam kolom komentar. Salam.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Dasar Qlik Sense

Dewasa ini konsep penyajian data informasi banyak mengalami perubahan yang menggembirakan. Jika dahulu, konsep penyajian data adalah dalam bentuk larik-larik data berisi teks dan biasanya tidak dinamis dan tidak interaktif. Sekarang, seiring dengan pertumbuhan data informasi yang masif, dibutuhkan sebuah teknik penyajian data yang semakin sederhana namun memuat banyak informasi, tersaji secara dinamis dan interaktif, menjadikan pekerjaan analisis data lebih menyenangkan dari sebelumnya. Di sinilah konsep Business Intelligence berawal. Idenya adalah, saya sajikan kepada Anda begitu banyak informasi yang tentu saja yang Anda butuhkan, dalam format visual yang bersih, informatif, dinamis, dan interaktif dalam layar komputer Anda. Qlik Sense merupakan sebuah Aplikasi Reporting untuk keperluan Bussiness Intelligence. Merupakan pengembangan dari aplikasi BI pendahulunya yaitu QlikView . Qlik Sense pada dasarnya sama dengan QlikView . Hanya saja Qlik Sense lebih menekankan pada ide

Cara Membuat Dan Menggunakan Unit Di Delphi

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Bekerja Dengan Unit Di Delphi .  Untuk membuat unit baru, pilih menu File | New | Unit . Listing di bawah ini merupakan suatu contoh unit yang dibuat Delphi. unit Unit2; interface implementation end.

Cara Menggunakan DLL Di Delphi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa itu Dynamic Link Library dan bagaimana cara membuatnya di Delphi (baca: Mengenal Dynamic Link Library Di Delphi ). Kini Anda telah mengerti bagaimana cara membuat file DLL Anda sendiri. Permasalahan yang paling mendasar sekarang, mungkin adalah bagaimana cara menggunakan file DLL yang telah Anda buat pada aplikasi Anda dan mendapatkan keuntungan darinya. Terdapat dua cara penggunaan DLL, yakni Load-time dynamic lingking dan Run-time dynamic linking . Setelah membaca dan menerapkan contoh aplikasi sederhana dalam artikel ini, Anda akan dapat memahami perbedaan di antara kedua metode sehingga Anda dapat menentukan kapan menggunakan metode tersebut dan sebaliknya. Load-time Dynamic Linking (Cara Implisit) Jika Anda menggunakan cara ini, file DLL dimuat pada saat aplikasi dijalankan. Untuk melakukannya, Anda tinggal menulis prototype fungsi yang digunakan dengan tambahan pengarah eksternal. Sebagai contoh: function FungsiDLL(In