Skip to main content

Cara Membuat Efek Fade Out Pada Bitmap Di Delphi

Jika Anda pernah melakukan surfing di internet, Anda tentunya tidak asing dengan efek fade out, karena di internet cukup banyak situs yang menggunakan efek ini untuk mempercantik halaman web mereka.

Efek fade out merupakan suatu efek perubahan warna, misal perubahan warna dari warna terang menuju ke warna gelap, di mana setiap langkah perubahan ditampilkan sehingga tercipta efek transformasi bagi yang melihat.

Delphi menyediakan fungsi yang berguna untuk mendapatkan efek fade out.

menerapkan efek fade out pada image di delphi

Perlu diperhatikan efek fade out pada contoh hanya dapat dilakukan pada bitmap (*.bmp) untuk kedalaman warna 24 dan 32 Bit.

Berikut adalah kode selengkapnya:

unit UMain;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, ExtCtrls, StdCtrls, Buttons;

type
  TForm4 = class(TForm)
    Image1: TImage;
    BitBtn1: TBitBtn;
    procedure BitBtn1Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
    procedure FadeOut(const BMP: TImage; Pause: Integer);
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form4: TForm4;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm4.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
  FadeOut(Image1, 5);
end;

procedure TForm4.FadeOut(const BMP: TImage; Pause: Integer);
var
  BytesForScan, w, h, counter: Integer;
  p: pByteArray;
begin
  if not(BMP.Picture.Bitmap.PixelFormat in [pf24Bit, pf32Bit]) then
    raise exception.Create('Error, bitmap format not supported.');

  try
    BytesForScan:= Abs(Integer(BMP.Picture.Bitmap.ScanLine[1]) -
      Integer(BMP.Picture.Bitmap.ScanLine[0]));
  except
    raise Exception.Create('Error');
  end;

  for counter:=1 to 256 do
  begin
    for h:=0 to BMP.Picture.Bitmap.Height - 1 do
    begin
      p:= BMP.Picture.Bitmap.ScanLine[h];
      for w:=0 to BytesForScan - 1 do
        if p^[w] > 0 then p^[w]:= p^[w]-1;
    end;
    Sleep(Pause);
    BMP.Refresh;
  end;
end;

end.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Dasar Qlik Sense

Dewasa ini konsep penyajian data informasi banyak mengalami perubahan yang menggembirakan. Jika dahulu, konsep penyajian data adalah dalam bentuk larik-larik data berisi teks dan biasanya tidak dinamis dan tidak interaktif. Sekarang, seiring dengan pertumbuhan data informasi yang masif, dibutuhkan sebuah teknik penyajian data yang semakin sederhana namun memuat banyak informasi, tersaji secara dinamis dan interaktif, menjadikan pekerjaan analisis data lebih menyenangkan dari sebelumnya. Di sinilah konsep Business Intelligence berawal. Idenya adalah, saya sajikan kepada Anda begitu banyak informasi yang tentu saja yang Anda butuhkan, dalam format visual yang bersih, informatif, dinamis, dan interaktif dalam layar komputer Anda. Qlik Sense merupakan sebuah Aplikasi Reporting untuk keperluan Bussiness Intelligence. Merupakan pengembangan dari aplikasi BI pendahulunya yaitu QlikView . Qlik Sense pada dasarnya sama dengan QlikView . Hanya saja Qlik Sense lebih menekankan pada ide

Cara Membuat Dan Menggunakan Unit Di Delphi

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Bekerja Dengan Unit Di Delphi .  Untuk membuat unit baru, pilih menu File | New | Unit . Listing di bawah ini merupakan suatu contoh unit yang dibuat Delphi. unit Unit2; interface implementation end.

Cara Menggunakan DLL Di Delphi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa itu Dynamic Link Library dan bagaimana cara membuatnya di Delphi (baca: Mengenal Dynamic Link Library Di Delphi ). Kini Anda telah mengerti bagaimana cara membuat file DLL Anda sendiri. Permasalahan yang paling mendasar sekarang, mungkin adalah bagaimana cara menggunakan file DLL yang telah Anda buat pada aplikasi Anda dan mendapatkan keuntungan darinya. Terdapat dua cara penggunaan DLL, yakni Load-time dynamic lingking dan Run-time dynamic linking . Setelah membaca dan menerapkan contoh aplikasi sederhana dalam artikel ini, Anda akan dapat memahami perbedaan di antara kedua metode sehingga Anda dapat menentukan kapan menggunakan metode tersebut dan sebaliknya. Load-time Dynamic Linking (Cara Implisit) Jika Anda menggunakan cara ini, file DLL dimuat pada saat aplikasi dijalankan. Untuk melakukannya, Anda tinggal menulis prototype fungsi yang digunakan dengan tambahan pengarah eksternal. Sebagai contoh: function FungsiDLL(In